Minggu, 12 Januari 2014

TULISAN BAHASA INDONESIA 1 (AHMAD FAJAR R - 3KA36 - 18111767)




Lanjutan Kisah Nyata Tukang Sampah Di Stasiun Kota Jakarta Bagian 2


Di sela-sela kebingungan saya, seorang bapak tua bilang kepada saya :
"Silakan pak, disini saja duduknya sama saya", katanya.

Saya mengangguk saja, meskipun udara rada panas sekali, tapi yang ada cuman disitu saja tempatnya. Saya perhatiin bapak itu, orangnya sudah tua renta, kurus, giginya hanya sebagian, rambutnya sudah penuh uban, membawa tas besar sama kantong kresek yang isinya hanya plastik - plastik. Saya tidak sempat foto, karena  kurang sopan terhadap orang tua yang sudah renta.
Dimulailah obrolan saya bersama bapak itu.

Saya   : A

Bapak : B

A       : Lagi nungguin siapa, pak?

B        : Enggak mas, ini cuma duduk - duduk saja, habis cari sampah seharian dan        capek.

A       : Jalan dari jam berapa, pak?

B        : Dari pagi,mas. Sudah lumayan banyak dapat sampahnya.

A       : Oohhh...

Obrolan sempat berhenti sejenak. Saya sedang menikmati rokok, sedangankan bapaknya lagi merapihkan plastik - plastiknya. Sampai pada akhirnya, saya melihat si bapak lagi mengurut kepalanya gitu sambil menghela napas yang panjang.

A       : Pusing ya pak?, Siang hari begini memang bikin kepala pusing.

B        : (ketawa kecil) Iya,mas. Agak pusing kepala saya.

A       : Apa bapak merokok?, Ini kalau bapak mau. (sambil saya kasih rokok yang tinggal sebatang).

B        : Enggak,mas. Terima kasih, saya tidak merokok. Sayang uangnya, mending        beli buat makan daripada beli rokok, lagian tidak bagus juga buat kesehatan fisik.

Dalam hati saya rada malu tersipu - sipu juga.

A       : Benar juga yang bapak katakan. (sambil menginjak rokok saya)

Sehabis saya dengar suara perut, saya langsung menoleh ke arah bapaknya.

A       : Apa bapak belum makan?

B        : (sambil tersenyum) Belum,mas. Mungkin nanti,saya makannya.

A       : Wah, nanti tambah pusing,pak?

B        : Iya,mas. Saya sudah biasa seperti ini.

Tidak lama kemudian, kedengeran lagi bunyi perut saya.

A       : Bapak benaran tidak mau makan?

B        : Iya,mas. Nanti saja.

Saya sudah merasakan kalau bapak ini bukannya tidak mau makan, tapi beliau tidak punya uang buat beli makan.

A       : Sebentar ya pak..., saya ke warung dulu mau pesan makanan.

B        : Oh, iya mas, silahkan...

Saya samperin tukang nasi padang terdekat. Saya inisiatif beliin nasi dengan lauknya ayam buat bapaknya. Selesai pesan, saya bawa nasi dua piring ke tempat duduk tadi. Lalu, saya duduklah dekat bapaknya. Saya mau langsung kasih nasi buat bapaknya tapi saya merasakan tidak enak kalo bapaknya salah tangkep atau tersinggung, jadi saya pura - pura akting sedikit. Saya pura-pura dapat telpon dari temen saya.

A       : (pura - pura telpon) yaaah? kenapa tidak jadi kesini? Saya sudah beliin nasinya. ooohh.. gitu... tidak apa - apa kalau gitu.

*belagak tutup telpon*

A       : Wah, temen saya tidak tahu berterima kasih dan kurang bersyukur, sudah dibelikan makanan ternyata tidak jadi.

B        : (senyum) tidak apa-apa,mas. Dibungkus saja buat nanti sore bisa dimakan.

A       : Wah, keburu basi kalau nanti sore,pak. Dimakan sekarang pasti tidak habis. Bagaimana ya? hhmmm..., Bapak kan belum makan siang, ini makanannya daripada sayang tidak ada yang makan. Bagaimana kalau bapak saja yang makan? Buat temanin saya makan sekalian,pak.

B        : Aduh,mas. Saya tidak punya uang buat bayarnya.

*tepat dugaan saya dalam hati*

A       : Tidak apa - apa,pak. Dimakan saja dan tidak usah diganti uangnya. Saya lagi ulang tahun hari ini,pak (padahal bohong).

B        : Wah..., Benaran tidak apa - apa,mas? saya merasa malu.

A       : Loh? Untuk apa malu,pak? Sudah, bapak makan saja.

B        : Iya,mas. Selamat ulang tahun ya mas...

A       : Iya,pak. Bapak mau pesan minum sekalian enggak? Saya mau pesan.

B        : Enggak,mas. Tidak usah.

Saya panggil tukang minumannya. Saya pesan 2 minuman es teh manis.

B        : Loh,mas ? Saya tidak memesan.

A       : Iya,pak. Saya sengaja beli dua dan haus banget masalahnya. (Saya terpaksa bohong lagi)

Tanpa saya duga. Bapaknya meneteskan air mata. Beliau mengucap syukur berkali - kali. Beliau berbicara terhadap saya.

B        : Mas, saya sangat berterima kasih sudah dibelikan makanan. Saya belum makan dari kemarin sebetulnya, karena saya malu,mas. Saya inginnya beli makan sama uang sendiri karena saya bukan pengemis. Saya sebetulnya sangat lapar sekali,mas. Tapi, saya belum mendapatkan uang dari hasil mencari sampah.
Saya merasa terkagum mendengar pembicaraan beliau. Saya secara tidak sadar ikut merasakan perih banget dalam hati dan nyesek banget dalam hati. Saya secara tidak sadar hampir meneteskan air mata. Tapi, saya membawa santai sambil sedih di dalam hati.

A       : Sudah, bapak makan saja nasinya. Nanti, kalau kurang, saya pesanin lagi,pak. 
Jangan malu - malu,pak

B        : (masih sedih) Iya,mas. Terima kasih banyak ya mas..., Nanti, biar yang diatas yang membalas semua kebaikan mas.
 
A       : Iya,pak. Terima kasih atas doanya... (sambil tersenyum)

Sumber  :
http://ibnuadibfauzi12.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄