Sabtu, 26 November 2011

TUGAS I.S.D. KELOMPOK 5 (AHMAD FAJAR R - 1KA30 - 18111767)

Bab 6

Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat

1 1. Sebutkan fungsi elite dalam memegang strategi !

* Menitik beratkan pada fungsi sosial,
* pertimbangan - pertimbangan yang bersifat moral,

Kedua kecenderungan ini melahirkan 2 macam elite, yaitu elite internal dan elite eksternal. Elite internal menyangkut integrasi moral serta solidaritas sosial yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu, sopan santun dan keadaan jiwa. Sedangkan elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi berhubungan dengan problem - problema yang memperlihatkan sifat yang keras masyarakat lain atau masa depan tak tentu.

2. Jelaskan pengertian massa !

Dalam sosiologi, istilah massa mengandung pengertian kelompok manusia yang tak bisa dipilah - pilah, bahkan semacam kerumunan (crowd) yang bersifat sementara dan dapat dikatakan segera mati. Dalam kelompok manusia yang seperti ini, identitas seseorang biasanya tenggelam. Masing - masing akan mudah sekali meniru tingkah laku orang lain yang "sekerumunan". Puncak dari tingkah laku mereka akan dilalui, katakanlah maksudnya selesai.

Sumber : http://tonianugrahmahesa.ngeblogs.com/2009/12/04/elite-massa/

Studi Kasus : Selama ini, pemerintah kurang berani menempuh resiko dalam mengambil keputusan yang penting untuk menghadapi problema dan perubahan sosial bangsa sehari - hari. Terutama persoalan yang menyangkut penegakan hukum, pendidikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Dalam konteks penegakan hukum, sejumlah kasus - kasus besar yang diduga melibatkan beberapa elite politik tampaknya belum tersentuh sedikitpun. Apalagi mereka yang masih memiliki pengaruh secara langsung di kursi dewan baik pusat maupun daerah. Kemungkinan besar posisi dilema dengan kekuatan politik SBY - JK di dalam struktur lembaga tertinggi negara sedikit banyak mempengaruhinya.

Opini : Menurut pendapat saya, massa adalah sekelompok orang atau golongan yang tidak individualitas, melainkan memiliki tujuan yang sepertinya memanipulasi rakyat. Massa cenderung tidak dapat diatur dan lebih tertuju pada penerima pesan media massa. Salah satu contoh kelakuan massa adalah demo. Menurut yang saya lihat, tujuan demo adalah untuk menyalurkan aspirasi rakyat kepada pada wakil rakyat. Banyak sekali ragam demo yang pernah saya lihat.


Nama : Ahmad Fajar R.

Kelas : 1KA30

NPM : 18111767

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄