Rabu, 23 November 2011

TUGAS I.S.D. KELOMPOK 5 (AHMAD FAJAR R - 1KA30 - 18111767)

Bab 3

ISD Sebagai Salah Satu MKDU


1. Jelaskan makna individu !

Makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi - bagi, tidak dapat dipisah - pisahkan antar jiwa dan raganya. Para ahli psikologi modern menegaskan bahwa manusia itu merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang kegiatannya sebagai kesatuan. Kegiatan manusia sehari-hari merupakan keseluruhan jiwa raganya. Bukan hanya kegiatan alat-alat tubuh saja, atau bukan hanya aktifitas dari kemampuan-kemampuan jiwa satu - persatu terlepas daripada yang lain.

Untuk menjadi individu yang “mandiri” harus melalui proses. Proses yang dilaluinya adalah proses pemantapan dalam pergaulan di lingkungan keluarga pada tahap pertama. Karakter yang khas itu terbentuk dalam lingkungan keluarga secara bertahap dan akan mengendap melalui sentuhan - sentuhan interaksi seperti etika, estetika, dan moral agama. Menurut Siegmund Freud, superego pribadi manusia sudah mulai terbentuk pada saat manusia berumur sekitar 5 - 6 tahun.

2. Jelaskan makna keluarga !

Keluarga adalah kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah grup yang terbentuk dari perhubungan antara laki - laki dan wanita, perhubungan mana sedikit berlangsung lama untuk menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi, keluarga dalam bentuk murni merupakan suatu kesatuan sosial mempunyai sifat - sifat tertentu yang sama, dimana saja dalam satuan masyarakat.

Ada 5 macam sifat yang terpenting, diantaranya :

  • Hubungan suami - istri,
  • Bentuk perkawinan dimana suami - istri itu diadakan dan dipelihara,
  • Susunan nama-nama dan istilah-istilah termasuk cara menghitung keturunan,
  • Milik atau harga benda keluarga,
  • Pada umumnya keluarga itu tempat bersama/rumah bersama.

Sumber : http://ickxa.ngeblogs.com/2009/09/27/hubungan-antara-individu-keluarga-dan-masyarakat-a-makna-individu-manusia-adalah-makhluk-individu-makhluk-individu-berarti-makhluk-yang-tidak-dapat-dibagi-bagi-tidak-dapat-dipisah-pisahkan-antar/

Studi Kasus : Sebagai salah satu mata kuliah softkill, I.S.D membantu kepekaan dalam berpikir, mempunyai wawasan serta pemikiran yang luas, dan sangat tidak terbatas. Seseorang yang memiliki ciri - ciri tersebut adalah seseorang yang terpelajar, dan dapat menerapkan norma hidup di dalam bermasyarakat dengan sangat meminimalkan adanya penyimpangan - penyimpangan yang sangat mengganggu didalam bersosialisasi/berorganisasi.

Opini : Menurut pendapat saya, manusia adalah makhluk individu yang mempunyai akal sehat dan berpikiran yang jernih dengan memilah perilaku dalam pergaulan yang baik dan buruk. Maka, kepribadian seseorang dapat dinilai dari keimananan dan ketaqwaan di dalam perilaku sehari - hari.

Nama : Ahmad Fajar R.

Kelas : 1KA30

NPM : 18111767


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄