Minggu, 27 November 2011

Bab 9

Prasangka, Diskriminasi, Dan Etnosentrisme

Jelaskan tentang integrasi nasional !

Istilah integrasi berasal dari dua kata yaitu integrasi dan nasional. Istilah integrasi mempunyai arti pembaruan/penyatuan sehingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Istilah nasional mempunyai pengertian kebangsaan, bersifat bangsa sendiri, meliputi suatu bangsa seperti cita - cita nasional, tarian nasional, perusahaan nasional.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia:

" Integrasi Nasional adalah suatu proses penyatuan atau pembaruan berbagai aspek sosial budaya dalam kesatuan wilayah dan pembentukan identitas nasional atau bangsa yang harus dapat menjamin terwujudnya keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam mencapai tujuan bersama sebagai suatu bangsa. "

Sumber : http://bypass14.blogspot.com/2009/03/integrasi-nasional.html

Studi Kasus : Banyak sekali perbedaan dalam bermasyarakat, misalnya agama,suku,dan ras tetapi itu tidak menjadi kita saling bermusuhan antar kelompok melainkan kita harus bersatu demi tercapainya suatu cita - cita bangsa yang makmur dan adil bagi seluruh rakyat Indonesia.

Opini : Menurut pendapat saya, sering terjadi pertentangan - pertentangan sosial di dalam sebuah masyarakat.Biasanya ini dikarenakan setiap anggota masyarakat belum dapat menyadari dari integrasi dalam bermasyarakat dan banyaknya anggota masyarakat yang masih memiliki prasangka negatif diantara masing - masing individu, serta lebih mementingkan dan menonjolkan ras di dalam kehidupan bermasyarakat.

Nama : Ahmad Fajar R.

Kelas : 1KA30

NPM : 18111767

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄