BAB II
PENENTUAN
HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. Pendahuluan
Teori
permintaan dan penawaran (bahasa Inggris : demand and supply) dalam ilmu
ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para
calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model permintaan dan penawaran
digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini
sangat penting untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para
pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga digunakan sebagai
titik tolak bagi model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa
dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang
antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh
produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.
Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor - faktor yang dapat mengubah
keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran
dari permintaan atau penawaran.
2. Permintaan
2.1
Definisi Permintaan
Permintan
adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan
tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode
tertentu.
Permintaan
seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor - faktor,diantaranya :
a) Harga
barang itu sendiri (Px)
b) Harga
barang lain (Py)
c) Pendapatan
konsumen (Inc)
d) Citra
rasa (T)
e) Iklim
(S)
f) Jumlah
penduduk (Pop)
g) Ramalan
masa yang akan datang (F)
Persamaan :
(Qd
= F.(Px, Py, Inc, T, S, Pop, F)
2.2
Hukum Permintaan (The Low Of Demand)
Hukum
permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana
hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah
barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah
barang meningkat.
2.3
Daftar Permintaan
Daftar
permintaan adalah suatu tabel yang memberi gambaran dalam angka-angka tentang
hubungan antara harga dengan jumlah yang diminta masyarakat. Ia menggambarkan
besarnya permintaan yang ada pada berbagai tingkat harga.
Contoh :
P
(Harga) Q (Quantiti)
100 2000
200 1500
300 1000
400 500
500 0
100 2000
200 1500
300 1000
400 500
500 0
2.4
Kurva Permintaan
Kurva
Permintaan dapat didefinisikan sebagai : “Suatu kurva yang menggambarkan sifat
hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang
diminta para pembeli.”Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya
menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat
hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan
terbalik.
2.5
Teori Permintaan
Dapat dinyatakan :
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harg anya yaitu apabila
permintaan naik, maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan
turun, maka harga relatif akan turun.”
3. Penawaran
3.1
Definisi Penawaran
Penawaran
adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu,
pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Persamaan :
Qs
= a + bp
3.2
Hukum Penawaran (The Low Of Supply)
Hukum
penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa : “Semakin tinggi harga suatu barang,
semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.
Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang
tersebut yang ditawarkan.”
3.3
Daftar Penawaran
Daftar
penawaran yang gambaran yang menunjukan jumlah penawaran pada berbagai tingkat
harga.
Contoh :
P
(Harga) Qs (Quantiti)
200 10
400 30
600 50
800 70
1000 90
200 10
400 30
600 50
800 70
1000 90
3.4
Kurva Penawaran
Kurva
penawaran dapat didefinisikan sebagai : “Yaitu suatu kurva yang menunjukkan
hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut
yang ditawarkan”. Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor - faktor di
luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. Kalau berkurang kurva supply
bergeser ke kiri atas. Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme
pasar.
3.5
Teori Penawaran
Yaitu teori yang
menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar