Selasa, 01 Mei 2012

TUGAS I.B.D (AHMAD FAJAR R - 1KA30 - 18111767)

Penjelasan Tentang Media Massa


Media massa adalah alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara serentak kepada khalayak banyak yang berbeda - beda dan tersebar di berbagai tempat. Alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan itu sendiri bisa berupa media cetak dan elektronik. Dimana kedua alat ini tidak lepas dari dunia pers. Karena tidak dapat dipungkiri media massa merupakan produk dari pers. Dengan kata lain, pers merupakan sebutan dari suatu nama institusi sosial yang memproduksi media massa yang berfungsi sebagai media utama proses komunikasi massa. Karena media massa itu sendiri, singkatan dari media komunikasi massa. Media massa memiliki 15 macam yang terdiri dari media cetak, seperti: surat kabar(koran), tabloid, majalah, buletin, pamflet maupun leaflet dan media elektronik, seperti: radio, televisi maupun internet. Semuanya berfungsi sebagai alat penyampai pesan dalam proses komunikasi. Untuk membedakan secara jelas antara pengertian media massa dengan pers, berikut ini akan peneliti gambarkan secara general, pengertian pers. Menurut leksikon komunikasi, pers berarti :

1) Usaha percetakan atau penerbitan.

2) Usaha pengumpulan dan penyiaran berita.

3) Penyiaran berita melalui surat kabar, majalah, radio, dan televisi.

4) Orang - orang yang bergerak dalam penyiaran berita.

5)Medium penyiaran berita, yakni: surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Istilah “press” berasal dari bahasa Inggris, karena proses produksinya memakai pressing (tekanan), sehingga sebagian orang menyebut istilah pers sebagai kependekan dari kata persurat kabaran.

Merujuk pada penjelasan mengenai media massa, pers dan komunikasi massa di atas, dapat disimpulkan bahwa media massa adalah media komunikasi massa yang merupakan produk dari pers yang menyajikan berbagai informasi kepada masyarakat mengenai fenomena - fenomena atau gejala - gejala sosial yang terjadi di tengah - tengah kehidupan masyarakat sendiri, baik yang menyangkut masalah sosial, ekonomi, budaya, politik maupun berbagai sektor kehidupan masyarakat lainnya. Sedangkan pers merupakan sebutan atau nama dari lembaga yang memproduksi media massa. Selanjutnya media massa dan pers merupakan media (perantara) terjadinya proses komunikasi massa. Jadi, meskipun secara arti ketiga terminologi (istilah) tersebut mempunyai perbedaan yang cukup mendasar, tetapi pada hakikatnya ketiga istilah itu merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Sehingga tidak heran apabila terdapat literatur yang mengkaji salah satu istilah tersebut, baik media massa, pers maupun komunikasi massa yang sering di dalam pembahasannya senantiasa mengikut sertakan kedua istilah yang lainnya.

Sumber :

http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2206295-pengertian-media-massa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄