Kamis, 11 Maret 2010

bab8

Bab 8

A. Menu MS Excel

Menu utama Excel terbagi atas Sembilan bagian yaitu : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan Help. Dari sembilan bagian menu tersebut, terdapat banyak submenu yang mirip dengan submenu pada Ms. Word.
1. Menu File

* New, membuat lembar kerja baru atau menampilkan lembar kerja yang sudah jadi.
* Open, membuka file disket, hardisk, CD, jaringan atau file Web.
* Close, menutup jendela workbook yang masih aktif.
* Save, menyimpan dokumen yang masih aktif.
* Save As, menyimpan dokumen yang belum diberi nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
* Save As Web Page, menyimpan lembar kerja pada workbook ke dalam halaman web.
* Save Workspace, menyimpan workbook aktif sebagai file workspace.
* Web Page Preview, melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan di cetak
* Page Setup, mengatur setting halaman workbook yang akan dicetak , seperti hearder atau footer, margin dan ukuran kertas.
* Print Area, untuk menentukan daerah lembar kerja yang akan dicetak atau menghilangkan batas cetak.
* Print Preview, melihat lembar kerja (margin, ukuran kertas, dan sebagainya) sebelum kita mencetak.
* Print, mencetak lembar kerja yang kita simpan di hard disk, disket, jaringan, USB, dan sebagainya.
* Send To, mengirim lembar kerja ke penerimaan e-mail (Mail Recipient), mengirim lembar kerja ke penerimaan tertentu berdasarkan rute pengiriman tertentu (Routing Recipient), mengirim lembar kerja ke folder Microsoft Exchange (Exchange Folder), mengirim lembar kerja yang aktif sebagai fax (Fax Reciepent), mengirim lembar kerja ke program Powerpoint sebagai slide.
* Properties, membuat ringkasan file workbook yang aktif.
* Exit, keluar dari excel dan menutup dari lembar kerja.

2. Menu Edit

* Undo, membatalkan perintah yang terakhir kita lakukan.
* Repeat, mengulangi perintah terakhiryang pernah dibatalkan dengan perintah Undo.
* Cut, memotong sebagian atau seluruh data ( nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau sel pada lembar kerja klita.
* Copy, menyalin (copy) data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dari satu range atau sel ke range atau sel lain di dalam satu lembar kerja atau antara lembar kerja.
* Paste, fasilitas ini mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
* Paste special, fasilitas ini juga mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.
* Paste As Hyperlink, fasilitas ini mendukung perintah cut dan Copy terhadap hyperlink.
* Fill, mengisi data pada sel atau range di lembar kerja bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheet ke sheet lain dan mengurutkan data dengan cepat.
* Clear, membersihkan atau menghapus semua data (All), format data (Formats), komentar(comments), dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.
* Delete, menghapus data atau memindahkan data pada lembar kerja sel ( sel, range, kolom, dan baris).
* Delete Sheet, fasilitas menghapus sheet pada lembar kerja.
* Move of Copy Sheet, memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.
* Find, mencari data nilai, rumus, atau formula, dan komentar pada lembar kerja.
* Replace, mengganti data pada kerja menjadi baru
* Go To, memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lain.
* Links, menampilkan atau mengubah setiap Link yang ada di file aktif yang mencakup nama dan tempat file sumber, data dan tipe.
* Object, mengedit object yang berasal dari Insert yang berhubungan dengan Link (Object, Clip Art)dan lain-lain.

3 Menu View

* Normal, menampilkan lembar kerja Excel dalam status normal.
* Page Break Preview,melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.
* Toolbars, menampilkan toolbar Excel yang terdiri : Standard, Formatting, Chart, Control Toolbox, Drawing, External data, Forms, Picture, Pivot Tabel, Reviewing, Visual Basoc, Web, Word Art, dan Customize.
* Formula Bar, menampilkan baris rumus (Formula Bar) untuk melihat isi sel aktif di lembar kerja.
* Status Bar, menampilkan status bar (baris status) berisi teks untuk menjelaskan status operasi untuk digunakan selanjutnya.
* Header and Footer, membuat header dan footer sebagai efek cetakan.
* Comments, menampilkan toolbar Rviewing dan Comments pada lembar kerja.
* Custom Views, menyimpan beberapa area cetak di dalam workbook.
* Full Screan, menampilkan lembar kerja satu tayang penuh.
* Zoom, mengubah ukuran penampilan lembar kerja Excel.

4. Menu Insert

* Cells, menyisipkan sel berisi data atau sel kosong yang terbentuk satu sel, satu baris, satu kolom sel, beberapa baris sel dan beberapa kolom sel.
* Rows, menyisipkan satu baris sel.
* Coloms,menyisipkan satu kolom sel.
* Worksheet, menyisipkan lembar kerja (work sheet).
* Chart, menyisipkan grafik ( chart).
* Page Break, untuk membuat potongan halaman ( ditandai dengan garis putus-putus) yang tercetak menjadi beberapa bagian halaman.
* Function, menyisipkan fungsi logika, database, statistic, trigonometri, fininsial pada lembar kerja.
* Name, untuk menyisipkan range data dan membuat range untuk table pada lembar kerja.
* Comment, Memberikan komentar ke lembar kerja.
* Picture, untuk menyisipkan gambar dari fasilitas Clip Art, From File (biasanya file hasil scan) Auto Shape, Organization Chart, Wort Art dan from Scanner or Camera.
* Object, menyisipkan object yang pernah kita lakukan ketika kita bekerja dengan word.
* Hyperlink, menyisipkan gambar dan teks hyperlink pada lembar kerja untuk membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di harddisk, internet, server jaringan dan lain-lain.

5. Menu Format

* Cells, menentukan format sel yang akan kita buat baik format angkanya, fontnya dan yang lainnya.
* Row, mengatur tinggi baris pada satu sel atau beberapa sel dan menyebunyikan atau menampilkan baris.
* Column, mengatur lebar kolom, menyembunyikan dan mengembalikan kembali kolom yang telah disembunyikan.
* Sheet, memformat sheet yang sedang aktif.
* AutoFormat, menggunakan fasilitas formatyang disediakan Excel untuk format btabel yang terdapat pada kotak dialog AutoFormat.
* Conditional Formatting, untuk memformat nilai-nilai dalam sel yang kita sorot dalam lembar kerja.
* Style, memformat dan mengubah data pada lembar kerja dengan style yang tersedia di dalam Excel.

6. Menu Tools

* Spelling, memeriksa data pada lembar kerja yang kita aktifkan yang mencakup yang memeriksa sel berisi Angka, Nilai, Komentar, Grafik, Kotak Teks, Header dan Footer
* AutoCorrect, mengubah, menghapus, mengoreksi data yang ada pada lembar kerja secara otomatis.
* Share Workbook, untuk ber pindah ke modus share workbook dimana memungkinkan kita sendiri atau pengguna yang lain dalam pengguna jaringan computer untuk mengubah dan menyimpan workbook yang persis sama isinya.
* TrackChanges, melihat pengubahan data yang kita lakukan atau pengguna lain berdasarkan waktu,siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer.
* Merger WorkBooks, menggabungkan (merger) pengubahan dari beberapa share workbook kesebuah workbook.
* Protection, mengamankan data atau memproteksi.
* Sheet, workbook dan share workbook.
* Online Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan berserta dengan jadwalnya. Fasilitas ini terdiri dari: MeetNow, schedule meeting dan web discussion.
* Goal Seek, mengubah nilai pada rumus sesuai dengan keinginan kita pada sel atau pada grafik.
* Scenarios, membuat,menampilkan,menghapus,mengedit scenario dan membuat ringkasn laporan scenario pasa lembar kerja excel
* Auditing, meletakan rumus yang menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel yang meletakan data ke rumus, menyembunyikan nilai yang salah pada sel, menirikan nilai yang salah pada sel,mengatuir sel pada lembar kerja yang lain untuk meletakan data pada rumus dan memindah kan 1 atau lebih tingkat dari panah perunut (tracer).
* Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro yang anda buat.
* Add-Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add-Ins milik Excel.
* Customize, menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbar sesuai dengan keinginan pengguna.
* Options, menuntun kita dalam menggunakan delapan Tabulasi, View, Calculation, Edit, General, Transition, Custom Lists, Chart, Color.

7. Menu Data

* Sort, mengurutkan (sorting) data dari yang terbesar ke terkecil atau dari yang terkecil ke yang terbesar.
* Filter, mengurutkan dan mengelola daftar data.
* Form, menangani record yang ada data yaitu : membuat atau menambah record, menghapus record, menampilkan criteria record yang dihapus, menemukan record selanjutnya dan menentukan criteria record.
* Subtotals, menghitung nilai subtotal dan total akhir suatu daftar.
* Validations, membatasi jenis data yang dapat kita memasukkan dalam sel dan range yang mencakup angka bulat , angka desimal atau teks.
* Table, membuat satu atau lebih variable data pada table dan menambah rumus pada satu lebih variable data yang ada pada table.
* Text to Columns, mengubah data berbentuk teks menjadi kolom pada lembar kerja.
* Consolidate, konsolidasi data berdasarkan pada posisi ,kategori,manambah daerah sumber data lain untuk konsolidasi, menghapus sumber daerah acuan dari konsolidasi
* Group and Outline, menggabungkan (Group)dan pembingkaian (Outline)data yang ada pada lembar kerja seperti object, numertic dan lainnya.
* Pivot Table and Pivot chart report, melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data eksternal seperti Web Query, database query dan lainnya.

8. Menu Window

* New window, memperlihatkan lembar yang sedang kita edit pada jendela baru (new window).
* Arrange, mengatur jendela dari woorbook aktif tersebut.
* Hide, menyembunyikan workbook aktif.
* Unhide, menampilkan kembali workbook yang kita sembunyikan.
* Split, membagi lembar kerja dari workbook aktif menjadi berbagi bagian.
* Freeze Panes,membekukan bagian lembar kerja kita tetap dapat melihat sel yang ada di bagian bawah lembar kerja.

9. Menu Help

* Microsoft Excel help,menamplikan fasilitas Office assistant dengan nama logo berurutan seperti berikut : Clippir, The Dot,F1,The Genius,office logo,mother Nature, Links dan Rocky.
* Show The Office Assiant, melihat keterangan dari topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas Help.
* What’s This, memberikan penjelasan dan fundgi perintah Excel dengan menampilkan teks pada toolbar.
* Office On The Web, koneksi internet pada situs Office pada Web.
* Lotus 1-2-3 Help, melihat penjelasan bagaimana cara dalam lotus 1-2-3 di aplikasi pada excel
* Detect And Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada Excel.
* About Miscrosoft Excel, melihat penjelasan tentang Excel konfigurasikomputer yang kita gunakan.


B. Status Bar

* Tampilan Status Bar terdapat pada bagian paling bawah jendela Microsoft Excel. Status Bar memiliki dua area utama, yaitu : daerah pesan (Message Area) pada bagian kiri dan kotak indicator yang terletak pada bagian kanan.
* Message Area berisi teks READY pada saat workbook baru terbuka yang mengindikasikan Microsoft Excel siap menerima perintah,dan berisi teks lain seperti: Enter, Edit dan lain-lain sehubungan dengan perintah-perintah yang sedang kita lakukan.
* Kotak indikator yang terletak pada bagian kanan status bar yang memiliki lima kotak indicator, antara lain :
* Kotak indicator AutoCalculate yang berfungsi untuk menampilkan nilai total dari suatu range (kumpulan sel yang berisi data angka). Di mana ketika memilih beberapa sel yang berisi data angka, Microsoft Excel akaqn menampilkan jumlah total dari data angka tersebut pada bagian status bar.
* Selain untuk menampilkan nilai hasil penjualan,AutoCalculate juga dapat digunakan untuk menampilkan nilai rata-rata (Average), nilai terkecil (Minimum), nilai terbesar(maximum), banyaknya data (Count) atau banyaknya data khusus untuk angka (Counts Nums).
* Kotak indicator yang menunjukan tombol kunci Num Lock (memanfaatkan fungsi tombol-tombol angka pada keypad di papan keyboard) dengan modus indicator NUM dalam kondisi aktif.
* Kotak indicator yang menunjukan tombol F8 (pembentukan blok lebih dari satu dalam suatu workbook) dengan modus indicator EXT dalam kondisi aktif.
* Kotak indicator yang menunjukan tombol kunci CapsLock (penulisan dengan huruf capital) dengan modus indikato CAPS dalam kondisi aktif.
* Kotak indicator yang menunjukan tombol kunci Scroll Lock (penggulungan tampilan layar dengan modus indicator SCROLL dalam kondisi aktif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄