Kamis, 10 Desember 2009

Bab 2

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi


A. Mendeskripsikan Pelayanan World Wide Web (WWW)
Seperti kita ketahui,sudah miliaran web yang terdapat di internet.Bagaiman cara bila kita ingin mencari halaman web?tidak mungkin bila kita membukanya satu persatu.Cara yang paling mudah adalah menggunakan Search Engine.
Kemampuan Internet tidak terbtas dalam mengolah informasi mempunyai sumber daya yang tdk sedikit.
Daftar Sumber daya pada Internet :
1.E-mail,
2. Newsgroup,
3.IRC (Internet Relay Chat),
4.Telnet,
5.FTP (File Transfer Protocol),
6.Gopher,
7.Archie,
8.Veronica,
9.WAIS (Wide Area Information Servers),
10.World Wide Web (WWW).

World Wide Web (WWW) dapat diartikan sebagai sebuah system di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya dipresentasikan dalam bentuk hypertext.
Internet mempunyai mamfaat di semua bidang antara lain :
1.Bidang Akademis,
2.Bidang Ekonomi dan Bisnis,
3.Bidang Keagamaan,
4.Bidang Sosial,
5.Bidang Komunikasi,
6.Bidang Hiburan,

B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser Untuk mengakses Website

Fasilitas yang digunakan oleh berbagai browser pada umumnya sama.
Terdapat enam bagian informasi yg ditampilkan pada jendela Browser yaitu:
1.Title Bar,
2.Menu Bar,
3.Toolbar,
4.Address Bar,
5.Workspace,
6.Status Bar,

C. Mendeskripsikan pengertian URL Dan Homepage

Setiap komputer yang terhubung ke Internet dapat didaftarkan untuk memiliki nama yang disebut hostname. Hostname yang lengkap disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN). Contoh FQDN:www.microsoft.comFQDN ini terdiri atas:
1. Nama host (hostname).
2. Nama tempat komputer itu berada secara fisik atau secara kepemilikan (name of site).
3. Jenis organisasi pemilik.Untuk mengakses informasi yang disediakan oleh suatu komputer pada Internet, diperlukan alamat URL (Uniform Resource Locator) informasi tersebut berada. Alamat URL secara berurutan terdiri dari :
1. Jenis protokol atau metode yang dipergunakan untuk mengakses informasi (access method).
2. FQDN komputer tempat informasi itu berada.
3. Penunjuk atau file dokumen yang menampung informasi tersebut (resource locator).
Contoh URL:http://www.microsoft.com/default.asp

D. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML

Hypertext berarti text yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protocol untuk men-download file ke komputer.Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. Artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (Hyper Text Markup Language).

E. Mengenal situs yg Menyediakan Fasilitas Search Engine

Search Engine adalah situs di internet yang dirancang Khusus unt membantu pangguna internet menemukan informasi yg tersimpan di halaman situs lain.
Contoh Search Engine yang paling populer :
1.Google (www.google.co.id),
2.Yahoo (www.yahoo.com),
3.All The Web (www.alltheweb.com),
4.Excite (www.excite.com),
5.Lycos (www.lycos.com),
6.Altavista (www.altavista.com),

F. Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dan Internet

Mungkin seluruh atau sebagian dari kita selalu tergantung dengan search engine untuk mendapatkan informasi, berita, software gratis dan lain sebagainya. Tapi masih sangat sedikit yang mengerti searching yang baik. Ok kita mulai saja, bahwa dalam searching kita mengenal beberapa search engine salah satunya Google. Beberapa search engine mengenal karakter seperti +, – dan “. Tetapi masih banyak yang belum tahu mengenai karakter tersebut. Saya akan menggunakan mode Tanya jawab dalam menjelaskan hal tersebut. Karakter Matematika # Tanda (+)Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking, security dan internet. Anda dapat mengetikkan kata disearch engine : +hacking +security +internet Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai
sebanyak-banyak nya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +
medan. Dan sebagai nya.

# Tanda (-) Ingin mencari artikel yang didalamnya terkiandung kata statistic penduduk sumatera kecuali
Medan.
Ketik di search engine : +statistic +penduduk +sumatera -
Medan. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata
medan. Atau seperti ini +tempat +wisata +bali -kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine sebagai KECUALI.
# Tanda (“)Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut tidak duipisah
kan oleh kata-kata yang lain. Ketik di search engine : “hacking dan security” maka
search engine yang bersangkutan akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisah
kan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya
dipisah
kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan.

Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” –bayar. Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu computer tidak akan dipisah
kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah
kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu computer Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya.
Simbol Bolean Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet.

# Bolean OR Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh : ilmu OR komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya.
# Bolean AND Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contoh : ilmu AND komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.
# Bolean NOTPenggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk
medan. Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumatera NOT medan search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata
medan.
# Bolean NEAR Contoh : saya ingin mencari kata ilmu komputyer yang jarak antara kata tersebut berdekatan. Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan.
Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan contoh Saya ingin mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata defini cinta atau definisi kasih. Untuk contoh selanjut nya anda coba sendiri.
Penggunaan Host
Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
# Saya ingin mencari website ilmu komputer.com maka saya dapat mengetikkan di search engine host: ilmukomputer.com
# Saya ingin mencari kata php di website ilmukomputer.com maka saya dapat mengetikkan kata : php host: ilmukomputer.com atau host:ilmukomputer.com php.
# Saya ingin mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan indonesiamaka saya dapat mengetikkan di search engine: pertahanan host: go.id.
Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh: Saya akan mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id maka saya dapat mengetikkan di search engine : pesawat -host: menristek.go.id.
# Mencari informasi berdasarkan type file
Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.Contoh: Saya ingin mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam format pdf. Dan saya dapat mengetikkan di search engine : +hacking +security filetype: pdf
dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf
contoh lain :saya ingin mencari artikel tentang ilmu computer didalam website yang sufiksnya ac.id artikel tersebut harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine +ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id
# Mencari informasi berdasarkan judul situsKita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya.Contoh :Ketik di search engine title: computer Maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. sedangkan pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.
# Mencari informasi berdasarkan URLPencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang dimintaContoh :inurl:computer Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata omputernya seperti www.ilmukomputer.com/komputer dsb.
Contoh lainnya http// inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer.Dan pada google juga mengenal kata allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas pada subdirectory. Dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.
Tips: Bagi anda pengguna warnet ada baik nya anda mempersiapkan dari rumah apa yang ingin anda cari, itu untuk menghemat waktu dan tentunya menghemat uang anda.

G. Mengelola Informasi yang diperoleh

Mengelola Informasi

Pengelolaan Informasi yang Telah Diperoleh

a. download

Download adalah menyimpan informasi yang kita peroleh dari internet ke komputer kita. langkah awal mendownload adalah pastikan bahwa Informasi tersebut dapat di download. kemudian klik gambar, dokumen, video atau program tersebut sehingga muncul kotak dialog file download. kemudian klik save dan tuliskan nama untuk informasi yang kita download tersebut.

b. Mencetak informasi yang Telah Diperoleh

Pertama buka Informasi yang telah kita peroleh, misalnya file yang didownload berupa .doc maka bisa dibuka dengan MS Word. Untuk mencetaknya kita bisa mengeditnya dulu kemudian di print atau bahkan langsung saja klik icon bergambar printer.
terkadang, tugas mengharuskan kita mencetak informasi langsung dari program web browser pada situs internet. maka yang harus kita lakukan hanya meng-klik icon bergambar printer.

H. Melakukan Download File dan Menentukan Lokasi Penyimpanan

Rapidshare.com sebagai filehosting hanya mengizinkan untuk meng-upload file berukuran maksimal 200 MB, jika ada file yang berukuran lebih Rapidshare mengizinkan untuk memecah (split) file tersebut menjadi beberapa bagian. Pecahan-pecahan file ini membuat URL file yang di-upload menjadi banyak. Hal ini membuat user yang ingin mendownload file dari Rapidshare harus berulang-ulang memasukkan daftar URL file tersebut ke browser favoritnya. Bagi user yang mempunyai Rapidshare Premium Account hal ini bisa diatasi dengan mendownload file dengan menggunakan salah satu download manager seperti Internet Download Manager (IDM).
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Jika belum mempunyai Internet Download Manager bisa di download klik disini
  2. Simpan URL list file pada Rapidshare yang ingin didownload dengan format txt, bisa menggunakan Notepad
  3. Aktifkan Internet Download Manager
  4. Klik Downloads|Options| Sites Logins
  5. Pada tab Sites Logins klik tombol New dan masukkan alamat server,username dan password Rapidshare premium
  6. Klik Task | Import | From text file , Cari daftar URL yang disimpan dengan format txt tadi.
  7. Klik Downloads | Scheduler | Start Now untuk memulai proses download
I . Mengidentifikasi Elemen-elemen Dalam Dokumen HTML

Dokumen yang dibuat dengan format HTML terdiri dari beberapa elemen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya untuk membentuk satu dokumen HTML yang utuh. Elemen yang diperlukan untuk membentuk sebuah dokumen HTML secara utuh antara lain adalah elemen html, elemen head, elemen title, dan elemen body yang masing-masing elemen diapit oleh sebuah tanda atau disebut dengan delimiter. Elemen yang diapit oleh sebuah tanda / - delimiter sering disebut dengan tag.

Delimiter yang digunakan adalah tanda lebih kecil <>. Secara utuh sintaks dari elemen atau tag HTML ditulis sebagai berikut :



Misalnya :



setiap elemen atau tag dalam dokumen HTML harus selalu diakhiri dengan tag penutup untuk menghindari terbukanya informasi dalam suatu tag HTML. Untuk mengakhiri elemen atau tag dalam sebuah dokumen HTML, dibutuhkan sebuah tanda atau delimiter tambahan, yaitu dengan menambahkan backspace atau /. Secara utuh sintaks untuk elemen atau tag penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

► ╬ ☻ JANGAN LUPA FOLLOW YA... ☺ ╬ ◄